Jenis - Jenis Novel

Jenis-Jenis Novel


  • Jenis novel menurut genrenya  :
1. Novel romantis. Dimana ceritanya menggambarkan tentang kisah percintaan. 
2. Novel misteri. Novel ini ceritanya menggambarkan kisah-kisah atau cerita penuh misteri yang biasanya ceritanya menimbulkan teka-teki dan penasaran si pembaca. 
3. Novel horor. Ceritanya berisikan tentang suatu kisah yang menyeramkan, membuat si pembaca merasa tegang, dan berdebar-debar. Biasanya cerita dalam novel ini berkaitan dengan alam-alam ghaib atau makhluk-makhluk ghaib. 
4. Novel komedi. Berisikan tentang sebuah cerita yang mengandung unsur humoris atau kelucuan dan membuat si pembaca tertawa serta gaya pencitraannya lebih santai. 
5. Novel inspiratif. Berisi tentang cerita yang memberikan inspirasi kepada para pembaca. Tema yang disuguhkan beraneka ragam seperti tentang ekonomi, pendidikan, kehidupan yang serba kekurangan, perjuangan, persahaban dan lain-lain.

  • Jenis novel menurut kejadian nyata atau tidaknya :

1. Fiksi. Novel fiksi ialah novel yang tidak ada kejadiannya di dunia atau tidak pernah terjadi. Novel ini hanyalah karangan atau fiktif belaka dari pengarangnya juga sebuah khayalan atau imanjinasi penulisnya. .
2. Non fiksi. Merupakan jenis novel yang benar-benar terjadi atau nyata serta pernah ada dan ilmiah. 
  • Jenis novel menurut isi dan tokohnya :

1. Teenlit. Novel jenis ini berisikan tentang kisah atau cerita seputar kehidupan remaja. 
2. Chicklit. Merupakan jenis novel yang berisi tentang cerita seputar wanita muda dan berbagai permasalahan yang dihadapi. 
3. Songlit. Jenis novel yang dibuat berdasarkan cerita dari sebuah lagu. 
4. Novel dewasa. Novel jenis ini berisikan tentang cerita atau kisah orang-orang dewasa dan hanya untuk dinikmati oleh orang-orang dewasa.

Komentar

Postingan Populer