Contoh Novel

   1. Novel Detektif
“SHERLOCK HOLMES”
Penulis : SIR ARTHUR CONAN DOYLE
Sinopsis
Sherlock Holmes, begitu nama seorang detektif fiktif yang diciptakan seorang sir Arthur conan doyle. Detektif yang bertempat tinggal di 221B Baker Street ini bersahabat dengan seorang dokter yang selalu menuliskan kisah-kisahnya yaitu dr. John H. Watson. Holmes digambarkan sebagai seorang detektif yang mempunyai kemampuan deduksi yang sangat tajam. Holmes selalu mengejutkan hampir semua orang dengan ilmu deduksinya, bayangkan saja dari sebuah benda yang tertinggal oleh klien dia bisa menggambarkan orang yang mempunyai barang tersebut dengan detail-detailnya. 

Inti cerita novel ini adalah mengenai kisah-kisah holmes menguak kasus-kasus kejahatan pada umumnya, tentunya dengan metode holmes yang khas. Alhasil hampir semua kasus bisa dipecahkannya dengan sangat briliant, holmes menceritakannya seperti dia duduk menyaksikan sendiri kasus-kasus tersebut dengan mata kepalanya sendiri.
2. Novel  Roman

“TWILIGHT”
Penulis : STEPHENIE MEYER
Sinopsis
“Twilight merupakan kisah romantis modern antara seorang gadis dan vampire.”

Bella Swan berbeda dengan gadis lainnya, tidak pernah bergaul dengan teman sekolahnya di SMA Phoenix. Saat ibunya menikah lagi dan mengirim Bella untuk tinggal bersama Ayahnya di kota kecil Forks, Washington, ia tidak berharap banyak perubahan dalam dirinya. Ketika ia bertemu dengan Edward Cullen yang misterius dan tampan, Edward bukanlah pria yang biasa ia temui. Edward adalah vampire namun, ia tidak memiliki taring dan ia beserta keluarganya memilih untuk tidak mengisap darah manusia.

Mereka berdua menjadi sepasang kekasih. Bagi Edward – Bella adalah gadis yang ia tunggu selama 90 tahun – sebagai belahan jiwanya. Namun semakin dekat hubungan mereka – semakin berat usaha Edward untuk mengontrol dirinya. Apa yang akan dilakukan oleh Edward dan Bella saat sekelompok vampir baru lainnya - James, Laurent dan Victoria– hadir dan mengancam hidup mereka?.




       3. Novel Misteri
“THE LIEBERMANN PAPERS : VIENNA BLOOD”
Penulis : FRANK TALLIS
Sinopsis
Mayat terpotong –pembunuhan dengan mutilasi- menimbulkan berbagai symbol aneh. Juga latar belakang korban yang acak. Dalam cekaman musim dingin Siberia 1902 ,Wina diguncang oleh pembunuhan berantai sang murid Freud ,detektif psikoanalis Dr. Max Liebermann ,kembali harus membantu sahabatnya Inspektur Detektif Oskar Rheinhardt ,memecahkan misteri rumit ini.
Penyelidikan pun membawa mereka pada sebuah perkumpulan rahasia ,gerakan bawah tanah beranggotakan kaum elit sastra Jerman ,pencetus teori rasial dan para ilmuwan yang terinspirasi oleh teori baru evolusi dari Inggris.
Awalnya ,pemikiran sang pembunuh seolah tak tertembus sikap dan jejak yang ditinggalkannya tak tersentuh oleh interpretasi psikoanalis. Namun lambat laun ,semakin jelas bahwa latar belakang yang luar biasa dan mencengankan mendasari tindakannya.
Sementara ,pada saat yang sama ,Liebermann pun harus memecahkan misteri hati dan cintanya.





        4. Novel Gothic

“THE FIFTH CHILD”
Penulis : DORRIS LESSING
Sinopsis
Ketika David Lovatt bertemu Harriet pada suatu pekerjaan, mereka berdua langsung jatuh cinta. Mereka berdua berbagi pandangan konservatif yang sama, jarang di London dari tahun 1960-an.

Keduanya menikah dan membeli perkebunan besar di sebuah desa kecil di luar London. Kedua pasangan ini berniat untuk memiliki banyak anak, keinginannya disukai oleh seluruh keluarga. Keduanya memiliki empat anak, dua laki-laki dan dua anak perempuan, dan rumah mereka menjadi pusat sukacita karena tidak hanya mereka tetapi untuk semua kerabat dan teman-teman yang datang mengunjungi. Begitulah, sampai Harriet hamil anak kelima mereka. Kehamilannya menandai awal dari kesengsaraan dan penderitaan yang anak ini bawa kepada keluarga.





       5. Novel Criminal

“THE GODFATHER”
Penulis : MARIO PUZO
Sinopsis
Godfather adalah sang pemimpin mafia bernama Don Vito Corleone ,pria pemurah yang tak kenal ampun dalam meraih dan mempertahankan kekuasaan. Ia pria yang ramah ,logis ,adil ,dan pemimpin kelompok paling mematikan di Cosa Nostra. Pusat komando Godfather berada di Long Island ,tempat ia memimpin kerajaan bawah tanah raksasa yang menguasai berbagai kegiatan bisnis ilegal ,perjudian ,taruhan pacuan kuda ,dan serikat buruh. Tirah ,pemeras ,pembunuh ,ia memberikan persahabatannya (tak ada yang berani menolak) dan menentukan mana yang benar dan man yang salah (pembunuhan halal dilakukan demi keadilan). The Godfather memaparkan kehidupan Mafia New York City :perebutan kekuasaan ,penghargaan terhadap keluarga ,cinta ,dan loyalitas dan berbagai konsekuensi hidup di tengah pembunuhan ,korupsi dan balas dendam. Para tokohnya merupakan karakter-karakter kompeks yang memiliki harapan ,impian dan ketakutan ,tapi juga merupakan pembunuhan keji.

  

       6. Novel Science Fiction

“CHILDREN OF SUN AND MOON”
Penulis : MATT LARKIN
Sinopsis
Raja Lunar menawar putrinya pergi dalam pernikahan untuk mengakhiri generasi perang antara dua dinasti dari Kepulauan Skyfall. Raja mengirimkan Chandi, keponakannya, sebagai hamba kepada putrinya. Chandi memiliki dua tugas: mengawasi sepupunya, dan memata-matai Solars.  Solars biaya segalanya dia peduli, dan sekarang dia ingin tidak lebih dari bukti pengkhianatan mereka sehingga dia bisa pulang. Dia tahu sedikit mata-mata, tetapi darah dari Dewa Bulan berjalan melalui pembuluh darahnya memberikan kekuatannya manusia tidak bisa cocok, kekuatan yang kelepasan nya ke tempat yang tidak seharusnya. Tentu saja, semakin dia menggunakan kekuatannya, semakin cepat ia menjadi gila. Ketika ia menemukan seorang prajurit Surya, Naresh, mengawasinya, dia memutuskan untuk membalas budi dan tetap dekat dengannya. Tapi ketika ia menunjukkan dirinya keajaiban kota bawah laut kubah, ia mulai menyadari Solars tidak seperti apa yang dipikirkannya. Segera, dia harus memilih antara loyalitas kepada orang-orang dan hatinya sendiri.
  




Komentar

Postingan Populer